BAHAN ADIKTIF

Bahan adiktif merupakan zat yang tidak termasuk narkotika dan psikotropika,tetapi memiliki daya adiktif (menimbulkan ketergantungan).disekitar kita bahan adiktif tersebut sangat mudah ditemukan dan kadang sudah digunakan oleh anak-anak dan  remaja .biasanya ketergantungan seseorang terhadap zat atau bahan adiktif ini merupakan pintu gerbang untuk lebih mengenal narkotika dan psikotropika,berikut adalah contoh bahan adiktif.

  1. ROKOK-pemakaian tembakau yang mengandung nikotin sangat banyak digunakan oleh masyarakat di sekitar kita ,oleh karena itu pemakaian rokok oleh kalangan remaja perlu diminimalisir dengan cara memberikan penjelasan akan bahaya merokok.banyak remaja merokok karena alasan agar kelihatan gagah,jantan dan lebih mudah dapat teman.
  2. MINUMAN KERAS-atau minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung ethanol yang diproses dari bahan hasil pertanian dan mengandung karbohidrat dan kemudian dilakukan fermentasi dan destilasi baik dengan menambahkan bahan lain atau tidak,maupun yang diproses dengan cara mencampur konsentrat dengan ethanol.
Jenis-jenis minuman keras ada tiga golongan yaitu:
  1. Minuman keras golongan A: adalah minuman keras dengan kadar ethanol (C2H5OH) 1% - 5%.  contoh minuman tersebut yang biasa ditemukan di sekitar kita adalah Bir bintang,Anker bir,dll
  2.  Minuman keras golongan B: Adalah minuman keras dengan kadar ethanol (C2H5OH) 5% - 20% .contoh minuman tersebut adalah ,anggur malaga,anggur koleson,whyski,anggur orang tua.
  3. Minuman keras golongan C:Adalah minuman keras dengan kadar ethanol (C2H5OH) 20% - 55%. contoh minuman tersebut adalah ,Scotch brandy,mansion house,kuda mas,donal brandy dll.
 Minuman keras(alkohol) dapat menimbulkan hilangnya kesadaran(mabuk),membuat ketagihan karena mengandung etanol etil alkohol yang berpengaruh menekan susunan syaraf pusat ,tetapi sering menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari.jika alkohol tersebut digunakan bersama-sama dengan narkotika atau psikotropika maka akan memperkuat pengaruh zat/obat tersebut di dalam tubuh manusia.

Efek negatif minuman beralkohol pada tubuh manusia apabila digunakan secara berlebihan dapat merusak mental karena alkohol juga bekerja menekan susunan syaraf pusat,efek tersebut juga dimiliki oleh narkotika dan psikotropika ,alkohol juga mempunyai efek terhadap Hati(lever) manusia, oleh karena itu banyak penderita lever(hati) ditemukan pada penduduk yang terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol.

Zat-zat lain yang bisa membuat mabuk apabila dihirup adalah Thinner,lem kayu,penghapus cair,aseton,cat,bensin dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU PREKURSOR?

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA

NARKOBA JENIS HAPPY FIVE ( HA LIMA)